Herman Deru Berikan Bantuan Perlindungan Sosial Para Pekerja Informal

PALEMBANG, – Janji Gubernur Sumsel H.Herman Deru memberikan bantuan perlindungan sosial bagi para pekerja informal di Sumsel mulai direalisasikan. Hal itu ditandai dengan Penyerahan Kartu Peserta Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada 300 Pekerja Informal se Sumsel di Auditorium Bina Praja, Selasa (15/12) sore.

Para pekerja informal yang mendapat bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan dari Pemprov Sumsel itu berasal dari berbagai sektor, mulai dari tukang parkir, pedagang bakso, tukang bangunan hingga UMKM dan lainnya.

“Bentuknya memang kecil tapi artinya sangat besar. Bantuan ini menjadi bukti bahwa pemerintah care terhadap keselamatan pekerja informal di Sumsel,” ujar HD memulai sambutannya.

Dikatakan HD, sektor informal memang sangat mendominasi tenaga kerja di Sumsel meskipun tidak semua bidang pekerjaannya beresiko tinggi. Oleh karena itu untuk tahap awal ini bantuan iuran yang diberikan lebih diutamakan pada pekerja yang beresiko tinggi.

“Tukang parkir, penyapu jalan mereka inikan sangat rentan kecelakaan. ini yang kita utamakan. Tapi bukan tidak mungkin akan kita perluas kepada jaminan ketenagakerjaan bagi sektor informal lain,” jelas HD.

Selama ini kata HD, BPJS Ketenagakerjaan masih terbatas pada pekerja sektor formal. Padahal para pemulung dan juga tukang daging atau pedagang ikan sangat rentan namun belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Mengingat kemampuan bayar yang tidak memadai.

Tak hanya UMKM, penyapu jalan dan tukang parkir, kedepan HD juga ingin perangkat desa, dan tenaga Pekerja Harian Lepas (PHL) bisa menikmati bantuan ini. Hanya saja agar ini tidak menjadi beban APBD, Ia mengajak BUMD, BUMN untuk menyisihkan sebagian keuntungan ikut membantu membayarkan iuran BPJS bagi pekerja informal.


Like & Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan