“DUME” Camat Jirak Jaya Sambangi Pengrajin Batu Bata di Desa Sinar Jaya

MUBA,TINTANEWS.ID – Desa Sinar Jaya Kecamatan Jirak Jaya Sejak dulu di kenal sebagai daerah penghasil batu bata yang berkualitas tinggi mutunya. Di Sana banyak dijumpai pengrajin batu bata serta bahan baku yang melimpah. Belakangan ini batu bata menjadi bisnis yang menggiurkan karena semakin maraknya pembangunan.

Ditengah wabah corona saat ini, mungkin bagi sebagian masyarakat, wabah Corona menjadikan penghasilan kehidupannya mengalami kesulitan. Apalagi di tengah pandemi saat ini.

Banyak ditengah masyarakat, orang yang mengeluh pendapatannya berkurang drastis akibat adanya wabah corona sekarang ini. Namun tidak demikian yang dialami para pengrajin batu bata di Desa Sinar Jaya, Kecamatan Jirak Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin.

Alexander Kepala Desa Sinar Jaya mengatakan, Wabah corona tidak ada pengaruhnya dalam menjalankan aktivitas kerja membuat batu bata, saat ini alhamdulillah pengrajin batu bata tetap menjalankan rutinitasnya membuat batu bata yang seharinya bisa mencapai 2000-4000 biji perkelompok.

Selain itu Budi, pengrajin batu Bata Menjelaskan, untuk proses pembuatannya, biasanya di mulai dari pengadaan tanah liat, sekam terus ditabur, diaduk – aduk kemudian dicetak baik mengunakan tangan atau mesin. Setelah itu proses berlanjut ke pengeringan dengan penjemuran dibawah Sinar Matahari, sebelum ke proses pengesikan dan pembakaran. Dalam setiap kali pembakaran bisa mencapai 6000 – 7000 batu bata kelompoknya.

Disinggung soal harga jual serta di pasarkan kemana, Budi menuturkan, Tak ada pengaruhnya , saat ini penjualan batu bata tetap stabil seperti biasanya sebelum ada wabah corona, yaitu berkisar antara Rp 450 – Rp 500 persatuan batanya.

Sedangkan penjualan kami biasanya dapat pesanan dari Kota Prabumulih, Pendopo Kabupaten Pali, Sekayu, Para pengrajin batu bata di desa Sinar Jaya Kecamatan Jirak Jaya tidak begitu merasakan efek dari adanya wabah corona yang saat ini sedang melanda.

Sementara itu Camat Jirak Jaya Yudi Suhendra SE MSI menuturkan, melalui Duduk Bersama Masyarakat, akan terus turun dan menyerap aspirasi serta memperkenalkan potensi masyarakat Jirak Jaya. (**)

Like & Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan