Jalankan Amanat Permendes No 13 tahun 2020 Richard Jelaskan Sosialisasi Pengelolahan Dana Desa Tahun 2021

MUBA,TINTANEWS.ID – Muba Kepala dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) H Richard Chahyadi AP MSi jalankan perintah Amanat Permendes Nomor 13 tahun 2020 Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa APBN dan ADD/K Muba Tahun 2021 yang menjadi Prioritas, diantaranya tentang Pelatihan Usaha Ekonomi Desa, informasi dan Publikasi kegiatan dan Inovasi desa dan kegiatan Pemerdayaan lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna kecamatan Lawang Wetan, Jumat (05/02/21) yang diikuti kades dan Siskeudes di dua kecamatan yaitu kecamatan Lawang wetan dan Batang Hari Leko yang di hadiri oleh Anggota DPRD dari Dapil II Rustam SSos, Camat Lawang wetan Candra SKM MSi, Camat Batang Hari Leko Tazarni Hatamin SSTP MSi.

Tema yang diangkat yaitu Melalui Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 “Kita Wujudkan Transparansi Akuntabel Dalam Melaksanakan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Muba Maju Berjaya 2022.

Tujuan sosialisasi ini agar penggunaan dana desa bisa terwujudnya transparansi Akuntabel dalam melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa menuju Muba Maju Berjaya 2022.

Camat Lawang Wetan Candra SKM MSi memberikan apresiasi dengan diadakannya sosialisasi pengelolaan dana desa, keberhasilan Pemerintah Kabupaten Muba juga tak lepas dari pengelolaan dana desa.

” Maka bagi Siskeudes dan kepala desa yang tidak hadir hari ini akan di berikan peringatan, agar bisa lebih baik lagi dalam pengelolaan dana desa apabila bisa hadir dalam acara ini,” tegas Camat.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba H Richard Cahyadi AP MSi kegiatan sistem Siskeudes ini belum pernah dilakukan sebelumnya hal ini agar tidak terjadi apa yang tidak diharapkan pimpinan, yaitu terwujudnya Transparansi Akuntabel Dalam Melaksanakan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Muba Maju Berjaya.

” Secara rinci bagaimana tehknis penggunaan dana desa secara rinci dihadapan seluruh kades dan operator Siskeudes seluruh desa dikecamatan Lawang Wetan dan Batang Hari Leko,” ujar Richard.

Salah satunya adalah menjelaskan prioritas dana desa dimana saja peruntukannya,diantaranya pelatihan usaha pengelolaan sampah, bimbingan mental dan bimtek keluar,pelaporan keuangan desa, Honor KPMD, TP-PKK, Kader Posyandu, Operasional RDS, Pencegahan Stunting melalui Posyandu juga tentang informasi desa yang terdiri dari Transparansi APDES (Realisasi dan Rencana) serta menjelaskan juga tentang Media Publikasi.

Sementara itu anggota DPRD Muba Dapil II Rustam dalam sambutannya mengatakan mengucapkan trimakasih pada pelaksana kegiatan acara sosialisasi Dana Desa ini yang telah mengajak saya untuk hadir.

” Saya meminta pada kades agar usulan – usulan dari desa – desa tentang pembangunan di desa agar langsung di sampaikan kepada kami , karna kami ini anggota dewan ada dana aspirasi,” ungkapnya.

Di katakan Rustam agar para kades dapat menggunakan Dana Desa sesuai tufoksi dana desa tersebut. “Jalankan Sesuai dengan Aturan yang telah ditetapkan apapun bentuknya kami DPRD Muba Khususnya Komisi III siap mendukung jalannya kegiatan dan usulan Kepala Desa,” jelasnya. (**)

Like & Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan